MUI Sebut Penembakan Masjid di Selandia Baru Bentuk Islamofobia


SeRiau - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menyatakan aksi serangan atas Masjid di Wellington, New Zealand bentuk kekerasan ekstrem Islamofobia.

"Kita semua mengutuk sekeras-kerasnya serangan yang disertai penembakan secara brutal terhadap umat Islam yang sedang menunaikan ibadah Jumat di sebuah masjid di Wellington, New Zealand pada Jumat 15 Maret 2019," kata Din dalam keterangan tertulisnya diterima VIVA, 15 Maret 2019.

President of Asian Conference on Religions for Peace (ACRP) ini mengatakan, aksi teror tersebut adalah tindak kekerasan ekstrim (violent extreemism) dan bentuk Islamofobia yang tidak beralasan. Serta hanya dilakukan oleh orang yang tidak berperiketuhanan dan berperikemanusiaan.

"Meminta kepada Pemerintah New Zealand untuk melakukan investigasi serius dan menyeret pelakunya ke jalur hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku," katanya.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini menghimbau kepada umat Islam di dunia, khususnya di Indonesia, agar dapat menahan diri dan tidak terhasut melakukan reaksi negatif.

"Semoga Allah SWT melindungi kita semua. (Saya) mengungkapkan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga para korban dan berdoa semoga para korban menjadi syuhada," katanya. (**H)


Sumber: VIVA