Tahun 2018, Pertama Kali BUMN Indonesia Ungguli Malaysia


SeRiau - Managing Director Lembaga Management FEB Universitas Indonesia, Toto Pranoto menilai performa 20 BUMN Indonesia yang sudah listed atau menjadi perusahaan terbuka (BUMN Tbk.) mampu menopang pertumbuhan revenue dan total aset yang cukup bersaing dibandingkan dengan BUMN di negeri tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

"Data kinerja perusahaan pelat merah yang dirilis Kementerian BUMN beberapa waktu lalu tersebut, menujukkan daya saing tersendiri jika dibandingkan terhadap BUMN di Malaysia dan Singapura," kata dia, dalam Seminar, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/3).

Aset BUMN pada 2018 sebesar Rp 8.092 triliun tumbuh 12,23 persen dibanding 2017 sebesar Rp 7.210 triliun. Sementara dibandingkan periode 2015 sebesar Rp 5.760 triliun, maka teriadi lonjakan aset hingga Rp 40,48 persen.

Potret lain mengenai kinerja operasional BUMN secara agregat cukup memuaskan dilihat dari ekuitas tahun 2018 sebesar Rp 2.479 triliun atau tumbuh 4,16 persen dibanding 2017, Rp 2.380 triliun, dan tumbuh 24,51 persen dibanding 2015 Rp 1.991 triliun.

Laba 2018 sebesar Rp 188 triliun, tumbuh 1,08 persen dibanding 2017 Rp186 triliun, dan tumbuh 25,33 persen dibanding 2015, Rp 150 triliun. Kontribusi BUMN terhadap negara pun mengalami peningkatan. Pada 2018 kontribusi dalam bentuk pajak, dividen, dan PNBP lain sebesar Rp 422 triliun, tumbuh 19,21 persen dibanding Rp 340 triliun pada 2017, dan tumbuh 39,27 persen dibanding 2015, Rp 303 triliun.

Dia juga menerangkan bahwa sepanjang 2018, untuk pertama kalinya dalam sejarah sejak reformasi 1998, BUMN Indonesia unggul dibandingkan BUMN Malaysia. "Kinerja Khazanah atau BUMN Malaysia di 2018 justru mengalami penurunan, dimana pada tahun tersebut untuk pertama kalinya mencatatkan kerugian RM 6,3 miliar atau sekitar USD 1,5 miliar atau dalam rupiahberarti rugi Rp21 triliun," ungkapnya.

Dalam kondisi dinamika bisnis dan daya saing global yang cukup memberikan tekanan di herbagai bidang -misalnya dipengaruhi perang dagang AS dan China, Khazanah benar-benar berada dalam keterpurukannya. Iika melihat kondisi perekonomian Malaysia, penurunan kinerja Khazanah dikarenakan perubahan kondisi fundamental perusahaan yang kurang baik, volatilitas pasar yang meningkat, dan dipengaruhi adanya faktor perubahan regulasi.

Sementara jika mengacu pada capaian kinerja Temasek, kata Toto, kinerja BUMN Singapura sepanjang tahun lalu relatif stabil dan bisnisnya terus meningkat. "Kunci keberhasilan yang terlihat dari Temasek antara lain dipengaruhi portofolio yang rangat terdiversiflkasi di seluruh dunia; adanya otonomi penuh pada model management investment holding, dan sudah memiliki talent management yang baik," urai Toto.

Sementara itu, keterpurukan Khazanah sepanjang 2018 justru membuat pemerintah Malaysia sejak awal tahun ini mulai melirik model pengembangan BUMN seperti yang telah dilakukan di Indonesia. Dalam kajian LM FEB Ul, perubahan management Khazanah terlihat pada aspek yang fundamental, yakni pembedaan BUMN secara tegas antara sisi komersial dan pelayanan publik atau public service obligation (PSO).

"BUMN kita bertahan dengan model pengembangan sisi komersial dan non profit oriented dalam pembangunan dan pelayanan publik, maupun sebagai pioneering pada sektor tertentu. lni dapat menunjukkan bahwa sistem pengembangan BUMN perlu menyesuaikan dengan natural condition bisnis di suatu negara," tuturnya.

Dia pun menyatakan bahwa tahun politik membawa nuansa yang berbeda terhadap penilaian kinerja BUMN. Jika dilihat dari tren pemberitaan sepanjang satu tahun terakhir. Masyarakat disajikan data tentang kinerja BUMN yang dianggap loyo, dihinggapi hutang menumpuk, dan dianggap mematikan sektor swasta.

Menurut Toto, tren pemberitaan dengan tone negatif memang tidak mengganggu semangat kerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun tanpa disadari, tone negatif pemberitaan BUMN telah mengaburkan capaian prestasi kinerja BUMN dalam satu tahun terakhir ini.

"Topiknya kenapa prospek BUMN di tahun politik sebetulnya bukan kita masuk ke sisi politik tapi lebih kita melihat BUMN sebagai entitas ekonomi secara lebih utuh. Jadi BUMN bukan hanya sebagai item memasuki event-event tertentu, tapi melihat secara holistik bagaimana perkembangan dan inovasi-inovasi yang terkait bagaimana kita improve kinerja BUMN sebagai entitas ekonomi yang bisa tunbh independent dan punya daya saing," tandasnya. (**H)


Sumber: Merdeka.com