Proliga 2019: Tim Putri PGN Popsivo Makin Kokoh Dipuncak Klasemen


SeRiau - Tim voli putri Jakarta PGN Popsivo Polwan makin kokoh di puncak klasemen sementara Proliga 2019 setelah pada laga perdananya di putaran kedua ini memecundangi Jakarta Elektrik PLN dengan skor 3-1 (25-22, 20-25, 25-22, 25-14) di GOR PSCC Palembang, Minggu (13/1). 

Juara putaran satu itu juga belum terkalahkan dari lima laga dengan mengoleksi 15 poin dari lima pertandingan. Di samping itu pula, Amalia Fajrina dkk. dipastikan sudah lolos ke final four.

Set pertama PGN Popsivo langsung bermain menekan melalui spiker Aprilia Manganang untuk mengamankan poin dengan mudah walaupun ada perlawanan sedikit sengit. Mereka mampu amankan skor 25-22. 

Set kedua duel sengit diperlihatkan Jakarta Elektrik PLN, mereka berhasil tampil luar biasa dan memberikan kejutan hingga mencuri set tersebut dengan skor 25-20.

Tanpa kesulitan PGN Popsivo berhasil mengamankan set ketiga dan keempat meski terjadi perlawanan alot pada dua set tersebut. Dengan keberhasilan ini tim yang banyak diperkuat pemain berlabel Timnas ini pun mantap berada di puncak klasemen, walaupun laga ini menjadi laga pertamanya berhasil dicuri satu set oleh PLN. Selama putaran pertama berlangsung, tim milik Polri itu belum sekalipun kehilangan set.

“Pelajaran bagus buat para pemain kami hari ini. Jadi tadi para pemain kami memikirkan bahwa hari ini pertandingan bakalan berjalan dengan mudah. Tapi dengan situasi seperti saat ini kita bisa belajar sistem yang harus digunakan seperti apa dan taktik serta strateginya harus bagaimana. Dengan ini pun kita bisa belajar bagaimana nanti kalau kita menghadapi situasi begini dan pasti tak akan terulang, dan pemain pun harus bisa konsentrasi dari awal hingga akhir laga,” ujar pelatih Popsivo asal Thailand, Chamnan Dokmai usai pertandingan.

“Kalau dari pemain balik lagi, kurang konsentrasi. Kita jadi lebih buru-buru, tapi gerakannya lambat, sistem dari pelatih tidak jalan. Jadi tadi kita turun, mereka naik dan mampu menekan kita dan kita tidak bisa kelar dari tekanan itu sendiri,” tambah Kapten PGN Popsivo Amalia Fajrina.

Sementara itu,  asisten pelatih Jakarta Elektrik PLN, Octavian mengatakan anak asuh Tien Mei sudah cukup bagus mainnya, terbukti bisa mencuri satu poin dari lawan. "Hanya saja kembali ke mental, saat lawan berhasil menekan, kita tidak bisa kelur dari itu," ungkap Octavian

“Pertandingan hari ini berjalan lancar walaupun belum bisa ambil poin tapi kami puas dengan laga kali, karena anak-anak sudah tampil luar biasa. Kita tau lawan Popsivo cukup berat, tapi kami bersyukur mereka bisa mengimbangi para seniornya yang sudah cukup berpengalaman,” tambahnya.

“Memang selama dua minggu kita melakukan persiapan dengan latihan keras, bahkan tidak ada waktu untuk istirahat, dan kita dapat lihat hasilnya sendiri hari ini sudah memberikan yang terbaik,” tutur Octavian. rls