Pemerintah Minta Masyarakat Tak Bercita-cita Jadi PNS, Ini Sebabnya

  • by Redaksi
  • Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:49:37 WIB

SeRiau - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, berharap masyarakat Indonesia tak lagi memiliki cita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dia mengajak, masyarakat untuk menjadi pengusaha.

"Saya harap dari seluruh informasi harus memotivasi teman-teman jangan jadi pegawai negeri. Kenapa, boleh tidak jadi PNS? Boleh, bagus jadi PNS. Tapi kesempatan terbatas," ujarnya saat memberi paparan pada acara SETC Sampoerna di Gong Perdamaian, Bali, Sabtu (15/12).

Menteri Puspayoga mengatakan saat ini semakin banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung masyarakat menjadi pengusaha. Salah satunya, memotong bunga kredit usaha rakyat (KUR) menjadi 7 persen.

"Dengan new era sekarang harus jadi pengusaha karena dimudahkan. Apa sebabnya? Untuk kredit, dulu ya kreditnya pengusaha kecil 22 persen. Sekarang sudah 7 persen. Kalau pinjem KUR 7 persen loh," jelasnya.

Tidak hanya menurunkan bunga pinjaman KUR, pemerintah juga menurunkan tarif pajak penghasilan Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi 0,5 persen. Kemudahan-kemudahan ini diberikan agar ekonomi kerakyatan terus tumbuh.

"Pajak UKM, juga diturunkan dari 1 persen jadi 0,5 persen. Ini kesempatan yang memang diberikan Pak Presiden bagaimana agar ekonomi kerakyatan bangkit. Karena peningkatan pertumbuhan ekonomi harus diikuti dengan pemerataan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani, mengatakan menjadi wirausaha ialah salah satu pilihan terbaik apabila ingin mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Dibanding sebagai PNS, tentu penghasilan yang diperoleh wirausaha akan lebih besar. (**H)


Sumber: Merdeka.com