Harapan Warga Tentang Sosok Pengganti Sandiaga


SeRiau - Saat ini, kursi wakil gubernur DKI Jakarta kosong setelah ditinggalkan Sandiaga Uno yang maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

Partai pendukung Sandiaga pada Pilkada DKI Jakarta 2017 belum memutuskan nama yang akan menggantikannya sebagai DKI 2.

Ada harapan dari beberapa warga Jakarta mengenai sosok yang kelak akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjalani pemerintahan di Jakarta hingga 2022.

Seorang karyawan swasta bernama Fida mengatakan, pengganti Sandi haruslah yang mengerti tentang anggaran serta memahami isu-isu strategis yang saat ini dijalankan Pemprov DKI. Kualifikasi itu diperlukan agar pemerintah tidak berjalan dengan lambat.

"Pengganti harus tahu anggaran, harus tahu isu-isu strategis di Jakarta, soal DP 0 rupiah, dan lain-lain. Kalau bisa cepat eksekusinya," ujar Fida saat berbincang denganKompas.com di Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018).

Fida mengatakan, kalau bisa pengganti Sandi berasal dari profesional agar bisa langsung menyatu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Terkait latar belakang, Fida menilai sosok yang tidak pernah tersangkut korupsi merupakan sebuah syarat mutlak.

"Kalau bersih itu wajib ya, sudah terjamin dan tidak pernah korupsi," ujar Fida.

Warga lainnya, Edward mengatakan, sebaiknya pengganti Sandi merupakan sosok yang paham perekonomian. Hal itu agar apa yang telah dijalankan Sandi bisa langsung bisa dipahami dan dilanjutkan oleh penggantinya.

Selama ini, dia mengetahui Anies dan Sandi melakukan pembagian tugas. Anies fokus di pemerintahan, sedangkan Sandi fokus di pembangunan ekonomi. Salah satu program prioritas yaitu OK-OCE.

"Sandi kan pengusaha, jadi cari yang setimpal. Jadi pembagian tugasnya pas," ujar Edward.

Edward berharap agar pengganti Sandi bukanlah sosok yang berasal dari partai politik. Ia menilai, jika pemimpin Jakarta bukan merupakan kader partai politik, maka seluruh kebijakan akan fokus untuk menyejahterakan warga Jakarta, bukan partai atau rekan separtainya.

"Kalau bisa profesional ya, dari luar. Tugas Jakarta kan berat," ujar Edward.

Satu lagi Abroni, warga Kampung Akuarium. Menurut dia, siapapun pengganti Sandi harus amanah yang bisa menampung semua aspirasi warga Jakarta.

"Kalau saya siapapun pemimpinnya yang penting amanah saja," ujar Abroni.

Sementara ini, calon yang disebut-sebut akan menjadi pengganti Sandiaga Uno adalah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik dari Partai Gerindra dan politikus PKS Mardani Ali Sera.

Namun, siapa sosok yang akan terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta masih akan dibahas oleh partai koalisi pendukung Anies-Sandi. (**H)


Sumber: KOMPAS.com