Bagus Kahfi Raih Gelar Top Skor Piala AFF U-16 2018

  • by Redaksi
  • Sabtu, 11 Agustus 2018 - 21:32:18 WIB

 

SeRiau - Bomber Timnas Indonesia U-16 Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri meraih gelar pencetak gol terbanyak Piala AFF U-16 2018.

Pemain berusia 16 tahun tersebut mencetak 12 gol dari tujuh pertandingan. Ia berhasil mengalahkan kandidat pencetak gol terbanyak lainnya seperti Dinh Thanh Trung dari Vietnam (8 gol) dan Zikos Vasileios Chua Ming Xun dari Singapura (4 gol).

Bagus tidak pernah absen mencetak gol di penyisihan Grup A. Gol pertama dan kedua ia cetak saat Indonesia menang 8-0 atas Filipina di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 29 juli 2018.

Pemuda kelahiran Magelang tersebut mengawali turnamen Piala AFF U-16 2016 dengan menjadi pemain cadangan saat melawan Filipina, Minggu (29/7). Bagus masuk pada menit ke-61 menggantikan Sutan Diego Zico.

Meski bermain di babak kedua, Bagus Kahfi tetap mampu menunjukkan ketajamannya. Bagus mencetak dua gol ke gawang Filipina pada menit ke-67 dan 73.

Di pertandingan kedua menghadapi Myanmar pelatih Timnas Indonesia Fakhri Husaini memainkan Bagus Kahfi sejak awal.

Keputusan Fakhri itu tidak salah, karena Bagus langsung membawa Tim Merah Putih unggul 2-0 di babak pertama berkat golnya pada menit kedelapan dan ke-26.

Produktivitas Bagus Kahfi di Piala AFF U-16 berlanjut pada laga ketiga saat bertemu Vietnam. Dalam laga ini Bagus mencetak gol di babak kedua pada menit ke-45 dan ke-61. Indonesia menang 4-2 atas Vietnam.

Kepiawaian Bagus Kahfi dan Timnas Indonesia U-16 dalam membobol gawang lawan di turnamen ini mendapat ujian di laga keempat melawan Timor Leste. Keran gol Bagus baru terbuka pada menit ke-49 dan di masa injury time. Indonesia kembali menang dengan skor 3-0.

Bagus Kahfi melanjutkan tren positifnya itu saat menghadapi Kamboja. Tetapi bukan lagi dua gol, melainkan tiga gol atau hattrick yang dicetak Bagus dalam laga terakhir di Grup A pada menit ke-21, 34, dan 43. Indonesia mengalahkan Kamboja dengan skor 4-0.

Dalam babak semifinal, Bagus mencetak satu-satunya gol ke gawang Malaysia pada menit ke-72 lewat titik putih. Gol Bagus membawa Indonesia ke partai puncak Piala AFF U-16 2018.

Meski tidak mencetak satu gol pun dalam babak final, Bagus tetap meraih penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak dalam turnamen tersebut.

 

 


Sumber  CNN Indonesia