Ini Sebab LRT Jakarta Tak Jadi Dipakai saat Asian Games

  • by Redaksi
  • Sabtu, 11 Agustus 2018 - 18:14:49 WIB

 

SeRiau - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan proyek light rail transit (LRT) tidak digunakan untuk Asian Games. Dirinya pun tidak mempersalahkan hal tersebut.

"Itu memang nggak dipakai untuk kegiatan Asian Games. Nggak pakai," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8/2018).

Merespons hal tersebut, Direktur Proyek Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin membenarkan hal itu. Menurut dia pihaknya tidak akan terburu-buru menyelesaikan proyek dan fokus pada target, yakni diuji coba operasi selama satu bulan.

Dengan begitu, para atlet Asian Games tidak akan menggunakan LRT sebagai transportasi menuju venue pertandingan yang satu dengan yang lain.

"Memang seperti itu (tidak digunakan saat Asian Games). Ini rute Kelapa Gading sampai Velodrome meliputi dua venue tetapi atlet tidak menggunakan LRT. Jadi kita dalam proyek LRT akan bekerja sesuai target di mana itu tanggal 15 uji coba operasi itu kan satu bulan," ungkap dia kepada detikFinance.

Ia menjelaskan saat uji coba operasi nanti pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara ketat untuk memastikan proyek tersebut tidak bermasalah. Sebab keselamatan merupakan hal yang paling penting.

"Jadi pada saat Asian Games, LRT itu bersiap level uji coba karena kan memang ada standarnya sebelum operasi normal. Nah kita harus penuhi itu jadi manajemen resiko minim lah," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Iwan, sebagai ganti transportasi tersebut pihak Inasgoc atau komite Asian Games akan menyediakan shuttle bus untuk atlet menuju venue perlombaan.

"Dari pihak Inasgoc menyediakan shuttle bus," tutup dia.*#

Sumber: detikfinance