Mahasiswa Indonesia di Jerman Tewas saat Berenang di Danau

  • by Redaksi
  • Jumat, 10 Agustus 2018 - 20:05:39 WIB

SeRiau - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt pada Kamis 9 Agustus 2018 sore, menerima informasi yang dikirimkan melalui WhatsApp dari salah seorang WNI di Jerman berinisial P yang mengabarkan tentang temannya, SPD yang tenggelam saat berenang di Danau Trebgas Badesse, Bavaria, Jerman.

Tanggal Rabu 8 Agustus 2018, P dan SPD beserta teman lainnya WN Maroko mengunjungi Danau Trebgas. P pada saat itu tidak ikut berenang. Setelah 2 jam menunggu, SPD tidak kunjung keluar dari danau. Khawatir terjadi hal buruk, P melaporkan kejadian tersebut ke petugas danau.

Petugas mencoba memanggil SPD berkali-kali melalui pengeras suara, namun tetap tidak datang. P bersama petugas pun melaporkan hal ini ke polisi setempat.

Pada hari yang sama, sekitar pukul 16.30 waktu setempat, pihak polisi melakukan pencarian di dalam dan sekitar danau. Pencarian dilakukan hingga pukul 01.30 dini hari namun belum membuahkan hasil.

Baru keesokan harinya (9/8) sekira Pukul 5 sore ditemukan sosok jenazah di sekitar danau. P diminta untuk mengenali jenazah tersebut dan mengiyakan bahwa itu adalah jenazah temannya SPD.

KJRI Frankfurt telah berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemlu untuk menginfokan pihak keluarga. Saat berita ini dibuat, KJRI Frankfurt telah berhasil melakukan komunikasi dengan orang tua korban, yang meminta agar jenazah dapat dipulangkan ke Indonesia.

Sesuai ketentuan di Jerman, untuk jenazah yang meninggal selain di rumah sakit atau di rumah, maka perlu dilakukan proses autopsi terlebih dahulu sebelum jenazah dikuburkan. Saat ini penanganan jenazah masih berada dalam otoritas Pemerintah Jerman

KJRI Frankfurt terus berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk melakukan penanganan lebih lanjut atas kasus ini.

SPD merupakan mahasiswi program S1 jurusan Biokimia di salah satu universitas di Jerman. (**H)


Sumber: Okezone