Pengunjung Asian Games Bisa Jajal Teknologi 5G di GBK

  • by Redaksi
  • Jumat, 10 Agustus 2018 - 19:54:30 WIB

SeRiau - Operator seluler Telkomsel mulai mendemonstrasikan layanan 5G. Oleh Telkomsel, demo layanan 5G ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Adapun berbagai contoh kegunaan (use case) teknologi 5G tersebut dihadirkan di booth 5G Experience Center Telkomsel yang dibangun di Gelora Bung Karno, di tengah perhelatan Asian Games 2018.

"Kita buat 5G Experience Center ini untuk menunjukkan ke masyarakat, seperti apa kegunaan teknologi 5G itu nanti," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di kompleks GBK, Jumat (10/8/2018).

Ditambahkan Ririek, sebenarnya bukan kali ini saja Telkomsel mendemonstrasikan layanan 5G-nya. Pada 2017 lalu Telkomsel juga telah melakukan uji coba kecepatan 5G.

"Tahun lalu kita sudah pernah ngetes, ada dua BTS 5G yang diukur speednya waktu itu sampai 70 Gbps," kata Ririek.

Namun uji coba saat itu hanya untuk menunjukkan seberapa kencang kecepatan yang bisa dicapai oleh jaringan 5G. Sementara untuk demonstrasi kali ini, Telkomsel lebih menekankan kepada penggunaannya (use case).

Di booth 5G Experience tersebut, pengunjung bisa melihat teknologi future driving, mobil yang dikendalikan secara remote, menggunakan koneksi 5G yang latensinya kecil, sehingga respons mobil bergerak saat itu juga atau seperti yang dikehendaki sopir.

Ada pula demonstrasi sepakbola adu penalti di mana penjaga gawang menggunakan kamera VR, mencoba menangkap bola yang ditendang secara real time. Ini juga menunjukkan rendahnya latensi yang dimiliki jaringan 5G.

Yang paling menarik adalah demonstrasi bus otonomos alias bus tanpa sopir. Bus akan berjalan di rute yang sudah ditentukan, pengunjung juga bisa menonton video streaming kualitas Full HD di dalam bus.

Booth 5G Experience Telkomsel bisa dikunjungi di kompleks GBK melalui Pintu 2, yakni di jalan Pintu Satu Selatan (atau seberang hotel Fairmont). (**H)


Sumber: KOMPAS.com