Menhub: Kecelakaan Lalu Lintas Pembunuh Nomor 1 di Dunia

  • by Redaksi
  • Kamis, 02 Agustus 2018 - 21:05:46 WIB

SeRiau - Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan kecelakaan lalu lintas menjadi penyumbang angka kematian tertinggi di dunia. Menhub menekankan pentingnya pemahaman masyarakat mengenai keselamatan berkendara.

Hal tersebut disampaikan Budi dalam Dialog Nasional Sinergi Membangun Bangsa dengan tema "Keselamatan Transportasi Tanggung Jawab Bersama" di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Kamis (2/8/2018).

Menurut Budi, kecelakaan lalu lintas menjadi penyumbang angka kematian tertinggi di dunia. Setiap harinya di belahan dunia ada yang meninggal dunia karena terlibat kecelakaan lalu lintas.

"Ini penting bagi anak muda karena berkendara kegiatan setiap hari, kalau kita teliti mengikuti aturan mengikuti tatacara disiplin, pasti kecelakaan itu makin kurang. Kecelakaan adalah pembunuh nomor satu di dunia," kata Budi saat memberikan pemaparan dalam acara tersebut.

Melihat kondisi itu, masyarakat harus bisa menjadikan budaya selamat berkendara sebagai pedoman. Apalagi, sambung dia, mobilitas masyarakat saat ini sangat bergantung pada kendaraan pribadi.

"Sekarang kita harus mau melakukan itu," imbuhnya.

Ia menuturkan dampak dari kelalaian berkendara tidak hanya merugikan diri masing-masing tetapi juga orang di sekitar. Sebab kecelakaan lalu lintas terkadang tidak hanya melibatkan satu kendaraan saja.

Dampak dari kecelakaan lalu lintas sangat beragam. Mulai dari luka ringan, berat, bahkan menyebabkan kematian. Dalam situasi ini tentu ada keluarga yang ditinggalkan oleh mereka yang menjadi korban kecelakaan.

"Jangan sampai kita menyebabkan kecelakaan yang tidak hanya merugikan keluarga kita, tapi juga keluarga orang lain yang terkena dampak kecelakaan," tuturnya.

"Ingat cacat (fisik) tidak bisa diperbaiki dan nyawa tidak bisa tergantikan," ucap Budi menegaskan. (**H)


Sumber: detikOto