85 Bangunan di Pesisir Selatan Sukabumi Rusak dDiterjang Gelombang


SeRiau - 85 bangunan yang tersebar di beberapa titik pesisir PantaiSelatan Kabupaten Sukabumi rusak diterjang gelombang. Puluhan bangunan tersebut berupa kios atau warung, tempat usaha dan rumah.

"Adapun rinciannya, sebanyak 28 kios atau warung rusak yang berada di pesisir Pantai Karanghawu, Kecamatan Cisolok, Pantai Camp David sebanyak 11 kios dan 30 pintu WC umum rusak, Pantai Cimuara sebanyak 16 kios, dan Palabuhanratu tiga rumah serta dua tempat usaha rusak," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD kabupaten Sukabumi, Eka Wiaman, Selasa (31/7). Dikutip dari Antara.

Selain merusak bangunan milik warga, gelombang pasang juga merusak dua fasilitas parkir kendaraan wisatawan di Cisolok serta, tembok penahan ombak sepanjang 400 meter.

Tidak menutup kemungkinan jumlah bangunan yang rusak akibat bencana gelombang pasang ini akan terus bertambah, karena gelombang tinggi masih terjadi di laut Selatan kabupaten Sukabumi.

"Untuk kerugian masih dalam perhitungan, tetapi ditaksir lebih dari Rp 500 juta, namun tidak ada korban jiwa pada bencana gelombang pasang ini," katanya.

Eka mengatakan bantuan untuk korban bencana gelombang pasang sudah disalurkan seperti makanan instan, atau siap saji serta perlengkapan tidur dan mandi.

Namun, karena mayoritas bangunan khususnya kios tersebut liar atau bisa dikatakan ilegal sehingga pemerintah tidak memberikan bantuan untuk perbaikan. (**H)


Sumber: Merdeka.com