Tuan Rumah Riau Pertahankan Juara Umum di Pornas SOIna VIII 2018

Pemukulan gonh secara simbolis oleh Wakil Gubernur Riau sebagai tanda ditutupnya Pornas SOIna VIII 2018 di Pekanbaru, Riau, Minggu (22/7/2018).

SeRiau - Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VIII Special Olympic Indonesia (SOIna) 2018 berakhir. Bersaing dengan 19 Provinsi, tuan rumah Riau berhasil pertahankan juara umum.

Pornas SOIna yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru, Riau, 19 hingga 22 Juli kemarin, Riau kembali meraih juara umum dengan total medali 18 emas, 16 perak dan 18 perunggu.

Hasil ini melampaui perolehan medali Riau yang menjadi juara umum pada Pornas VII SOIna 2014 lalu di Makasar. Dimana Riau waktu menorehkan 15 medali emas, 13 perak dan 7 perunggu.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim mengapresiasi prestasi yang diraih oleh atlet-atlet SOIna Riau.

"Alhamdulillah, Riau sukses penyelenggaraan dan juga sukses meraih juara umum," ucap Wan, Minggu (22/7/2018).

"Secara nasional, Riau cukup diperhitungkan," katanya.

Sementara itu, Deputi Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI, Faisal mengucapkan selamat kepada Riau yang telah sukses meraih juara umum dan Riau menjadi barometer bagi SOIna kedepannya.

"Di SOIna tidak ada yang kalah, kita semua adalah pemenang. Semoga dengan selesainya Pornas tahun ini, Indonesia bisa lebih baik lagi," pungkasnya.

Diketahui, untuk perolehan medali  diperingkat 5 besar setelah Riau, juara umum dua diraih oleh DKI, dengan perolehan medali 17emas, 10 perak dan 14 perunggu. Kemudian diperingkat ketiga Sumbar, dengan perolehan medali 15 emas, 11 perak dan 10 perunggu.

Kemudian diposisi keempat Jawa Barat dengan perolehan medali 13 emas, 13 perak dan 12 perunggu, dan Jawa Tengah dengan 11 medali emas, 9 perak dan 11 perunggu. (**H)