Relawan: Tuan Guru Bajang Hanya Puji Jokowi Bukan Mendukung


 

SeRiau- Relawan Tuan Guru Bajang Elok Santun Terpercaya (TGBest) meyakini pernyataan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi soal Presiden Joko Widodo bukanlah sikap resmi dukungan, melainkan hanya sebuah pujian.

"Kami memandang itu sebuah pujian, dan bukan bentuk dukungan," kata Ketua Umum TGbest Samsuar kepada CNNIndonesia.com, Jumat (6/7).


Relawan TGBest didirikan pada Januari 2018, dan berpusat di Jakarta. TGbest bertujuan untuk mendukung TGB Zainul Majdi di Pemilihan Presiden 2019. Jumlah anggota TGBest terbanyak, saat ini diklaim, berada di Aceh.


Samsuar mengatakan sampai saat ini relawan belum berkomunikasi dengan TGB untuk mengklarifikasi pernyataan tentang pujian ke Jokowi itu.

"Rencananya kami Insyaallah Minggu ini ini akan bertemu dengan TGB di Jakarta untuk menanyakan hal itu," katanya.

Samsuar berpendapat sebagai Gubernur NTB, sangat wajar bila TGB memuji Jokowi. 

"TGB itu berbicara, ditanya tentang kinerja Jokowi, dan sah-sah saja memberikan pujian. Seperti anak buah ditanya tentang atasannya dan hal itu biasa. Bukan dukungan," katanya.

Sebagai ulama, menurut Samsuar, TGB selalu memandang sisi baik dari seseorang. "TGB lebih senang melihat kebaikan seseorang dari pada keburukan seseorang," katanya.

Saat berkunjung ke kantor redaksi CNN Indonesia, Jakarta, Rabu (4/7), TGB menilai sangat pantas dan fair bila Presiden Joko Widodo diberi kesempatan untuk terus melanjutkan dua periode guna menyelesaikan apa yang sudah dimulai selama empat tahun ini.

TGB menjelaskan dari kacamata pemimpin wilayah NTB, selama Jokowi memimpin, pencapaian kawasan ekonomi khusus Mandalika di NTB sudah berhasil dan terus berlari. 

"Kalau presiden diganti maka itu akan menganggu suasana kebatinan. Jadi ini harus dituntaskan, perlu kita dukung. Dibutuhkan dua periode untuk tuntaskan visi misi dan transformasi," kata TGB.


Samsuar memandang lain pernyataan TGB. Kata dia, TGB mencoba menjelaskan dari kacamata Gubernur NTB. "TGB itu Gubernur NTB dua periode. Jadi Kalau Jokowi memimpin dua periode artinya Jokowi berhasil," kata Samsuar.

Kendati demikian Samsuar belum bisa memastikan arah dukungan TGBest di masa depan, bila TGB terbukti mendukung Jokowi.

"Kami masih menunggu Habib Rizieq Shihab," kata Samsuar.

Menurut Samsuar, TGB didukung TGbest karena sosoknya sebagai ulama, dan saat ini Rizieq Shihab, dinilai merupakan representasi ulama sehingga TGbest akan menunggu arahan dari Rizieq untuk menyikap pernyataan TGB. 

"Masih sampai Agustus, kita lihat apakah TGB jadi diusung di Pilpres. Kami tidak tahu bila nantinya TGB mendukung Jokowi. Kami tunggu arahan Habib Rizieq," katanya.( Sumber : CNNindonesia.com )