Gempa 4,2 SR Guncang Jember


 

SeRiau- Gempa 4,2 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur. Gempa dirasakan lemah di Jember.

Informasi tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangannya, Senin (23/4/2018).

Gempa ini terjadi pukul 10.20 WIB. Gempa berpusat di laut, 52 km barat daya Jember tepatnya di titik koordinat 8.65 lintang selatan, 113.62 bujur timur. Kedalaman gempa 10 km. 

 

BMKG menyebut gempa ini dalam skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-III. Dalam skala II getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan, skala III getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Tidak lama berselang, pukul 11.05 WIB gempa 5,4 SR mengguncang wilayah perairan di sebelah tenggara Minahasa. Titik koordinat gempa di 0.51 lintang utara, 125.66 bujur timur. Gempa berada di laut 118 km tenggara Minahasa tenggara.


Gempa di Minahasa ini berkedalaman 10 km dan disebut BMKG tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan MMI II-III di Manado, Bitung serta Tutuyan, Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. (Sumber : Detiknews.com)