Kapal Selam Nazi yang Hilang Selama 73 Tahun Ditemukan


SeRiau - Sebuah kapal selam Jerman yang diduga mengangkut pasukan Nazi ke Amerika Selatan -- telah berhasil ditemukan, setelah hilang hampir 73 tahun lamanya.

Kapal selam dengan kode U-3523 itu  termasuk jenis XXI Hitler, yang memiliki desain terbaru dan paling canggih pada masanya.

Tadinya, kapal selam tersebut dikerahkan Nazi untuk menghentikan laju kemenangan Sekutu, namun gagal karena lenyap di tengah jalan.

Dikutip dari News.com.au pada Kamis (19/4/2018), kapal kelas U-Boat itu disebut mampu melaju di kedalaman laut dalam jangka waktu lama, termasuk konon, bisa digunakan untuk pergi menuju Amerika Selatan tanpa henti.

Sebelumnya, kapal selam U-3523 diduga tenggelam setelah mendapat serangan dari kapal B24 Liberator milik Inggris pada 6 Mei 1945.

Namun, ketidakmampuan untuk menemukan bangkai kapal selam tersebut, memicu rumor U-3523 sengaja digunakan untuk membawa kabur para pemimpin Nazi dari serangan Sekutu.

Kini, kapal selam tersebut ditemukan di titik yang berjarak 10 mil nautika (sekitar 18,5 kilometer) dari Skagen, kota yang terletak di sisi paling utara Denmark.

Museum Perang Laut Denmark, yang menemukan kapal selam itu, mengatakan tidak ada bukti bahwa U-3523 sengaja digunakan para pemimpin Nazi untuk melarikan diri.

"Rumor mengatakan bahwa kapal selam memiliki barang-barang berharga yang sangat bagus, karena kapal itu akan meninggalkan Jerman meskipun perang telah berakhir," ujar direktur museum, Gert Normann Andersen.

"Saya pikir desas-desus berkembang karena U-3523 adalah kapal selam jarak jauh yang sangat modern,, dan beberapa petinggi Nazi mencoba kabur membawa barang-barang berharga di hari-hari terakhirnya di Jerman," lanjutnya menjelaskan.


Sumber: Liputan6.com