Marc Marquez: Satu Lomba, Dua Kali Minta Maaf, Tiga Hukuman


SeRiau - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez tak jadi yang tercepat di MotoGP Argentina namun ia tetap jadi pusat perhatian karena sejumlah kontroversi yang dilakukannya.

Dalam satu perlombaan di MotoGP Argentina, Marquez tercatat dua kali minta maaf dan tiga kali kena hukuman.

Marquez dua kali melakukan permintaan maaf dengan melambaikan tangannya pada pebalap di belakangnya.

Permintaan maaf Marquez pertama ditujukan pada Aleix Espargaro di tikungan ke-13 pada lap kesembilan. Marquez memaksa masuk mendahului Espargaro lewat sisi dalam. 

Ada benturan dalam insiden tersebut namun Espargaro tak terjatuh dan tetap bisa melanjutkan lomba pada momen tersebut.

Permintaan maaf Marquez kedua ada pada insiden dengan Valentino Rossi. Di lokasi yang sama, tikungan ke-13, empat lap jelang lomba berakhir, Marquez coba melalui Rossi dari sisi dalam. Ada benturan di antara kedua pebalap namun untuk kali ini Rossi terjatuh di sisi kiri lintasan.

Seperti halnya di duel lawan Espargaro, Marquez sempat menengok ke belakang dan melambaikan tangan ke arah Rossi. Ia juga melihat detik-detik Rossi terjatuh.

Selain peristiwa dua kali minta maaf, Marquez juga tiga kali terkena penalti. Penalti pertama adalah kewajiban ia harus masuk pit lane. Hal itu bermula saat motor Marquez mati sesaat sebelum lomba dimulai.

Meski akhirnya mesin motor berhasil kembali hidup dan ia bisa berlomba, namun Marquez diwajibkan masuk pit lane di lap keenam. Posisi Marquez pun melorot jauh ke belakang.

Dengan posisi di belakang namun punya kecepatan motor yang bagus di lintasan Termas de Rio Hondo, Marquez berusaha keras untuk secepatnya menyusul para pebalap yang ada di depannya.

Dalam upaya Marquez memperbaiki posisi, Marquez tampil sangat agresif dan insiden dengan Espargaro serta Rossi membuatnya mendapatkan dua penalti tambahan.

Saat bersenggolan dengan Espargaro, Marquez diminta untuk turun satu peringkat dari posisinya saat itu di tengah lomba.

Meski mendapat hukuman, Marquez terus menunjukkan penampilan agresif. Klimaks di lomba ini adalah ketika Marquez menabrak Rossi dan membuat Rossi keluar lintasan.

Setelah momen itu, Marquez terus beraksi dan akhirnya sukses menyalip Maverick Vinales untuk mendapatkan posisi kelima. Namun pada akhirnya Marquez dinyatakan terkena penalti 30 detik.

Tambahan 30 detik itu membuat catatan waktu Marquez melorot ke urutan 18. Marquez pun harus pulang dari Argentina tanpa poin di tangan. 


sumber CNN Indonesia