Dovizioso Kalahkan Marquez di MotoGP Qatar, Rossi Ketiga


SeRiau - Pebalap Ducati Andrea Dovizioso merebut kemenangan pertama di MotoGP 2018 setelah mengalahkan Marc Marquez dan Valentino Rossi pada balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Minggu (18/3).

Dovizioso yang harus start dari posisi kelima sebenarnya sempat tampil buruk di awal balapan. Pebalap asal Italia itu sempat tercecer ke posisi tujuh.

Pebalap Tech3 Yamaha Johann Zarco memulai balapan dengan sempurna dan mempertahankan posisi terdepan. Pebalap asal Perancis itu berhasil unggul atas Marquez, Dani Pedrosa, dan Rossi.

Marquez sempat menyalip Zarco di tikungan terakhir lap pertama. Namun, sepeda motor M1 yang ditunggangi Zarco unggul akselerasi dan kecepatan di jalur lurus. Zarco pun kembali memimpin balapan memasuki lap kedua. Sedangkan Rossi sukses mengambil alih posisi kedua dari Pedrosa di tikungan pertama lap kedua.

Perubahan posisi terjadi di lap kelima. Rossi berhasil menyalip Marquez di tikungan keempat. The Doctor pun terus memburu Zarco hingga lap kesepuluh. Namun, kesalahan Rossi dan Zarco yang sedikit melebar berhasil dimanfaatkan Marquez.

Marquez akhirnya berhasil menggeser Rossi dari posisi kedua. Posisi The Doctor semakin melorot setelah disalip Dovizioso di lap yang sama. Kini giliran Dovizioso dan Marquez memburu Zarco.

Marquez dan Dovizioso sempat beberapa kali berganti posisi. Kondisi itu membuat Zarco diuntungkan karena bisa konsentrasi mempertahankan posisi terdepan.

Nasib sial dialami Alex Rins dan Jorge Lorenzo yang mengalami kecelakaan pada lap ke-12 dan gagal melanjutkan balapan. Rins jatuh di tikungan dua saat berada di posisi enam, sedangkan Lorenzo jatuh di tikungan lima.

Zarco akhirnya kehilangan posisi saat balapan menyisakan lima lap. Dengan pergerakan agresif, Dovizioso dan Marquez berhasil menyalip Zarco di jalur lurus. Bahkan dalam tayangan ulang Marquez terlihat menyenggol lutut kanan Zarco. Tidak lama berselang Rossi berhasil melewati Zarco.

Duel sengit kemudian terjadi antara Dovizioso dengan Marquez di sisa balapan. Sementara Rossi hanya berusaha mengamankan posisi podium ketiga.

Marquez terus memburu Dovizioso di lap terakhir. Bahkan juara bertahan MotoGP itu sempat menyalip Dovizioso di tikungan terakhir. 

Tapi seperti pada balapan MotoGP Austria dan MotoGP Jepang musim lalu, Dovizioso berhasil kembali mengambil alih posisi pertama karena Marquez menikung terlalu jauh. 

Dovizioso pun meraih kemenangan MotoGP Qatar dengan catatan waktu 42 menit 34,654 detik. Marquez finis kedua terpaut 0,027 detik, dan Rossi finis ketiga dengan tertinggal 0,797 detik.

Hasil sepuluh besar MotoGP Qatar 2018:

1. ANDREA DOVIZIOSO 42 menit 34,654 detik
2. MARC MARQUEZ +0.027 detik
3. VALENTINO ROSSI +0.797 detik
4. CAL CRUTCHLOW +2.881 detik
5. DANILO PETRUCCI +3.821 detik
6. MAVERICK VINALES +3.888 detik
7. DANI PEDROSA +4.621 detik
8. JOHANN ZARCO +7.112 detik
9. ANDREA IANNONE +12.957 detik
10. JACK MILLER +14.594 detik
Sumber CNN Indonesia