Ditolak Pemilik, Niat Jokowi Beli Burung Pemenang Lomba Kicau Kandas


SeRiau - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berniat membeli burung pemenang lomba kicau kelas Burung Muray Batu yang mengikuti lomba Piala Presiden Jokowi di Kebun Raya Bogor, Minggu (11/3/2018).

"Yang juara satu akan saya beli. Sudah ditawar, pemiliknya bilang enggak mau dijual," kata Presiden kepada wartawan di Kebun Raya Bogor.

Jokowi mengaku dirinya ikut lomba, namun tidak menang. "Ya udah kalah, mau gimana lagi," kata Presiden.

Kepala Negara mengaku dirinya hanya penikmat saja, karena yang lebih suka itu Ibu Iriana Jokowi dan putrinya, Kahiyang Ayu.

"Sebetulnya yang senang Ibu Jokowi sama Kahiyang. Saya hanya penikmat aja. Saya hanya dengerin aja," ujarnya.

Presiden mengaku senang adanya lomba burung ini, karena telah mendorong adanya penangkaran sehingga spesies burung yang ada tidak punah.

"Saya menghargai tadi banyaknya penangkaran burung yang ada di daerah, tadi ada penangkaran muray, kolibri, jalak. Jalak Bali dulu hampir punah sekarang banyak lagi karena berhasil ditangkarkan. Sekarang jumlahnya banyak lagi," katanya.

Menurut Presiden, dengan adanya penangkaran-penangkaran seperti itu, selain memberikan ruang bagi pehobi, penggemar burung, juga menjaga kelestarian spesies burung dari kepunahan.

Jokowi mengungkapkan, berdasarkan laporan spesies burung di Indonesia mencapai 1.660-an yang merupakan anugerah yang diberikan Sang Pencipta.

"Informasi yang diberikan kepada saya ada 1.660-an sepesis jenis burung yang ada di negara kita. Jelas sebuah kekayaan yang besar diberikan Allah kepada kita," kata Jokowi.

Para kicaumania seluruh Nusantara dengan sekira 3.000 burung mengikuti festival dan pameran burung berkicau tingkat nasional memperebutkan Piala Presiden di Kebun Raya Bogor.

Sebanyak 3.000 burung ini akan mengikuti 30 kelas yang dilombakan untuk mendapatkan Piala Presiden Jokowi.

Dalam kelas lomba Muray Batu, Presiden memberikan langsung pialanya kepada pemenang asal Brebes, Jawa Tengah.

Ade, pemilik burung pemenang lomba mengakui kalau burungnya mau dibeli Presiden, namun dirinya tidak mau menjualnya. "Kalau dijual, nanti saya tidak mendapatkan burung seperti ini lagi," kata Ade.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Koordinator Staf Ahli Presiden Teten Masduki.
(sumber okezone)