5 Manfaat yang Dirasakan Otak Jika Anda Banyak Minum Air


SeRiau - Sama seperti ginjal, otak ternyata juga membutuhkan air. Bahkan air punya manfaat lebih banyak untuk otak, daripada yang Anda pikirkan.

Ini karena otak adalah organ yang paling membutuhkan energi, dan 75 persennya adalah air. Untuk itulah, air dibutuhkan agar otak tetap berfungsi.

Dikutip dari Step to Health, Rabu (7/3/2018), ada beberapa manfaat air untuk otak Anda.

1. Bekerja Lebih Cepat

Untuk bisa bekerja dengan benar, otak butuh cairan dengan jumlah tepat. Sel-sel di organ membutuhkan keseimbangan yang tepat antara air dan elemen lainnya.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan minum air setelah bangun tidur. Ini adalah waktu di mana sel otak butuh cairan yang hanya bisa didapatkan dari air.

Selain itu, untuk membuat otak bekerja lebih optimal, tambahkan sarapan buah sehat di pagi hari.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Orang kadang tidak memperhatikan tanda-tanda dehidrasi. Salah satunya adalah sulit konsentrasi. Apabila dehidrasi, otaklah yang akan merasakan dampaknya pertama kali.

Walaupun teh atau kopi bisa membantu, namun minuman semacam ini tidak disarankan.

Sebaiknya, 45 menit sekali Anda harus meminum segelas air. Ini adalah waktu saat konsentrasi Anda mulai menurun.

3. Keseimbangan Mood dan Emosi

Ini seperti saat Anda melihat laut, merasakan deburan ombaknya, dan menghirup udaranya. Ini membuat kita rileks. Emosi juga bisa menjadi lebih tenang dengan meminum air.

Hal ini karena suhu otak akan meningkat dan menyingkirkan racun serta sel-sel mati. Ini juga membuat proses kimiawi yang mampu menyalakan kembali proses mental.

4. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Selain bangun tidur, minum air sebelum tidur ternyata juga bermanfaat, walaupun hanya setengah gelas. Air meningkatkan aliran darah ke otak. Ini meningkatkan oksigenasi dan hidrasi otak, serta menenangkan Anda.

5. Ingatan Membaik Jika Minum di Siang Hari

Ketika dehidrasi, akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh dan menyebabkan disfungsi. Salah satunya adalah berkurangnya ketangkasan kognitif. Ini membuat kita kesulitan mengingat sesuatu.

Karena itulah, paling tidak minum 8 gelas sehari untuk membuat Anda tidak dehidrasi. (*JJ)



Sumber: liputan6