Nias Masuk Pemegang Saham RAL, Inspektorat: Datanya Tak Ada

  • by Redaksi
  • Kamis, 01 Februari 2018 - 06:19:10 WIB

 

SeRiau - Kepala Inspektorat Riau Ervandes Fajri kebingungan untuk melakukan audit PT RAL, sebab terkendala data yang tidak lengkap. Lebih mengejutkan lagi tentang kepemilikan saham oleh Pemerintah Kabupaten Nias, tapi sejauh ini data pendukung terkait kepemilikan saham tersebut tidak ditemukan.

"Kami tidak temukan data kepemilikan saham oleh Kabupaten Nias, sementara Pemda Nias masuk sebagai salah satu pemegang saham di RAL. Makanya agak sedikit kebingungan kami," kata Ervandes kepada wartawan, Rabu (31/1/18).

Ervandes mengatakan, terkait soal audit BUMD yang 'sekarat' itu masih dilakukan pendalaman baik oleh BPKP, maupun Inspektorat sendiri. Kendalanya saat ini Pemprov Riau tidak bisa membongkar kantor PT. RAL yang kini dipakai sebagai kantor BPBD Riau, pasca kasus ini bersentuhan dengan hukum.

"Karena melibatkan banyak pihak, makanya masalah audit ini juga masih dalam proses. Perlu dilakukan pendalaman kembali, terutama terhadap penyertaan modal oleh Pemkab Nias sehingga mereka bisa masuk sebagai salah satu pemegang saham. Sementara datanya tak ada kami temukan," katanya.

Untuk diketahui, PT. Riau Air Line (RAL) mengalami segudang masalah. Pasca perusahaan ini tidak beroperasi lagi, ada banyak aset terbengkalai. Salah satunya bangkai pesawat yang tidak jelas keberadaannya.

RAL salah satu perusahaan penerbangan dengan pemegang saham dominan adalah Pemprov Riau. Namun ada banyak Pemkab yang juga memiliki saham di perusahaan ini. Selain masalah aset, perusahaan ini mempunyai tunggakan hutang ke karyawan dan salah satu perbankan. (rpl)