Ini Data Lengkap 228 Pejabat di Lingkungan Pemko yang di Rotasi dan Mutasi


 

 

 

Pekanbaru, SeRiau- Ruang Aula Kantor Walikota Pekanbaru mendadak disesaki ratusan pejabat eselon II hingga IV, Rabu (3/1). Mereka kompak mengenakan pakaian hitam putih. Sangking padatnya sejumlah undangan terpaksa harus berdiri. Sebab kusri yang disiapkan oleh panitia tidak cukup menampung seluruh pejabat yang akan dilantik.

Pelantikan pejabat eselon II hingga IV ini akan dipimpin oleh Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi. Sebab disaat bersamaan, Walikota Pekanbaru Firdaus MT sedang berada di Jakarta.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mencopot tiga kepala dinas dari jabatanya. Menariknya tiga kepala dinas yang dicopot dari jabatannya tersebut seluruhnya adalah kepala dinas berjenis kelamin wanita. Mereka diantaranya adalah El Sabrina yang sebelumnya menjabat kepala dinas pertanian dipindahkan menjadi Asisten II Bidang Perekonomian Setdako Pekanbaru.

Kemudian, Neng Elida sebelumnya menjabat kepala Dinas Koperasi dan UMKM dipindahkan menjadi staf ahli bidang hukum dan pemerintahan. Terkahir, Helda S Munir, sebelumnya kepala dinas kesehatan dipindahkan menjabat jabatan baru sebagai staf ahli bidang kemasyarakatan.

El Sabrina, Neng Elida dan Helda merupakan tiga dari 11 pejabat eselon II yang terkena mutasi. 11 pejabat Eselon II tersebut dirotasi menduduki jabatan baru.

Tidak hanya itu, Walikota Pekanbaru juga mengobrak-abrik sejumlah jabatan eselon II lainya. Diantaranya adalah Kepala Satpol PP Pekanbaru. Setelah menjabat kepala Satpol PP Pekanbaru selama tiga tahun, Zulfahmi Adrian terpaksa harus meninggalkan jabatanya. Zulfahmi dimutasi menjadi Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Pekanbaru. Sementara jabatan Kepala Satpol PP Pekanbaru dijabat oleh Agus Pramono sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Kondisi serupa juga dialami oleh Azharisman Rozie. Meski mampu meningkat PAD dari sektor pajak sebesar 25 persen dari tahun sebelumnya, namun Haris tidak lagi dipercaya menduduki jabatan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Haris dirotasi ke tempat tugas yang baru, yakni Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah yang sebelumnya dijabat oleh Neng Elida.

Sementara jabatan Kapela Bapenda dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) yakni Muhammad Jamil yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Tidak hanya Bapenda yang dijabat oleh seorang Plt. Sejumlah OPD juga kosong karena kepala dinasnya terkena mutasi. Terhitung mulai Rabu (3/1), jabatan yang kosong tersebut dijabat oleh Plt.

Diantaranya, Plt Kepala Dinas Kesehatan yang dijabat oleh Zaini Rizaldi yang juga sekretaris Dinas Kesehatan. Kemudian Sa'at yang saat ini menjabat kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) juga dipercaya rangkap jabatan sebagai Plt Kepala Dinas PU. Begitu juga dengan Firmansyah Eka Putra yang menjabat sebagai Sekretaris Diskomifo, juga menjabat sebagai Plt Diskomimfo.

Selanjutnya Irzal Ahmad Sekretrais Dinas Perumahan dan Permikiman yang juga menjabat sebegai Plt di dinas yang sama. Ahmad ST Mt, yang saat ini menjabat Sekrearais Bappeda juga menjabat Plt Kepala Bappeda. Sementara untuk jabatan Plt Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) yang sebelumnya dijabat oleh Muhammad Jamil diserahkan ke Masriah yang juga menjabat sebagai sekretaris BKP SDM.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi usai pelantikan mengungkapkan, mutasi pejabat Pemko kali ini tidak hanya untuk eselon III dan IV saja. Namun juga untuk Pejabat Tinggi Pratama (PTP) atau eselon II, setingkat kepala dinas dan badan.

"Rekomendasi dari Komisi ASN sudah kita dapatkan tanggal 27 Desember kemarin. Sesuai rekomendari tersebut, kita dibolehkan melakukan mutasi bagi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) atau eselon II," katanya.

Ayat menyebut dalam rekomendasi tersebut juga diizinkan untuk melakukan lelang terbuka bagi pejabat eselon II.

"Hari ini kita lakukan mutasi beberapa pejabat eselon II yang sudah dievaluasi," imbuhnya.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim Pansel, maka ada sebanyak 11 pejabat eselon II yang dilakukan rotasi. Seluruhnya dilantik bersamaan dengan pejabat eselon III dan IV, Rabu (3/1) siang. Sementara untuk eselon III berjumlah sebanyak 78 dan eselon IV 139.

"Total seluruhnya mulai dari eselon II sampai IV sebanyak 228 orang," kata Ayat.

Ayat berharap, seluruh pejabat yang dilantik bisa bekerja sama dengan timnya. Sebab pihaknya menginginakan tim yang super yang bisa menjalankan visi misi walikota Pekanbaru, smart city yang madani.

"Pejabat yang dilantik harus semangat. Kita berharap mereka yang mendapatkan amanah harus bisa bekerja sebagai tim yang super," pungkasnya.

Setalah melakukan mutasi pejabat eselon II, Pemko masih masih memiliki pekerjaan rumah. Sebab saat ini masih ada 13 jabatan eselon III yang kosong tersebut, akan dilelang secara terbuka. Untuk pendaftaran seleksi terbuka akan dibuka mulai tanggal 5 hingga 19 Januari 2018. Setelah itu baru dilakukan tahapan seleksi yang seluruhnya menjadi kewenangan tim Pansel.

"Mulai dari kelengkapan berkas, tes makalah, wawancara sampai psikotes, hingga laporan ke komisi ASN dan Walikota. Semuanya menjadi kewenangan penun tim Pansel," ujarnya.

Ayat Cahyadi usai melantik pejabat eselon II, III dan IV di Aula Kantor Walikota Pekanbaru meminta kepada seluruh pejabat yang dilantik bisa bekerja sama dengan timnya. Sebab pihaknya menginginakan tim yang super yang bisa menjalankan visi misi walikota Pekanbaru, smart city yang madani.

"Pejabat yang dilantik harus semangat. Kita berharap mereka yang mendapatkan amanah bisa bekerja sebagai super tim dan menjadi semangat baru dalam meningkatkan kinerja ASN mewujudkan Pekanbaru sebagai kota yang Smart dan Madani," pungkasnya. (***)

Data grafis :

Pejabat eselon II yang Dilantik :

1. El Sabrina dilantik menjabat Asisten II Bidang Perekomoniam, Setdako Pekanbaru sebelumnya Kepala Dinas Pertanian

2. Neng Elida dilantik menjadi staf ahli bidang hukum dan pemerintahan sebelumnya kepala dinas Koperasi dan UMKM

3. Helda S Munir menduduki jabatan baru sebagai staf ahli bidang kemasyarakatan sebelumnya kepala dinas kesehatan

4. Sahmanar S Umar, dilantik sebagai kepala dinas pertanian sebelumnya, kepala badan ketahanan pangan

5. Mutia Eliza menjabat sebagai kepala badan ketahanan pangan, sebelumnya asisten III Setdako Pekanbaru

6. Azharisman Rozie, dilantik sebagai kepala dinas koperasi dan UKM, sebelunya kepala Bapenda

7. Dedi Gusriadi dilantik sebagai Kepala Dinas Pertanahan sebelumnya asisten II Setdako Pekanbaru

8. Yusrizal dilantik sebagai Kepala Balitbang sebelumnya, kepala Bapeda

9. M Yusuf dilantik sebagai Kesbangpol sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga

10. Zulfahmi Adrian, menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga sebelumnya Kepala Satpol PP

11 Agus Pramono menjabat Kepala Satpol PP Pekanbaru, sebelumnya Kepala Kesbangpol