Gubri Perintahkan PUPR Perbaiki Jalan Amlas ke Muara Takus

  • by Redaksi
  • Selasa, 26 Desember 2017 - 10:52:53 WIB

PEKANBARU,SeRiau- Gubernur Riau memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau untuk mengatasi jalan ambrol di akses menuju kawasan wisata Candi Muara Takus, Kabupaten Kampar yang ambrol.

"Iya, sudah saya perintah pak Dadang Kadis PUPR untuk segera mengatasi jalan yang ambrol tersebut agar bisa pulih dan bisa dilalui masyarakat," ujar Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Dijelaskan Gubri, upaya tanggap respon tersebut memang perlu dilakukan agar jalan utama menuju kawasan wisata Candi Muara Takus kembali lancar. Apalagi saat ini sedang memasuki musim liburan sekolah dan natal serta tahun baru yang merupakan masa-masa ramainya kunjungan ke situs bersejarah tersebut.

Sementara itu Kadis PUPR Riau mengatakan jalan akses yang ambrol itu tepatnya pada ruas Simpang Batu Bersurat - Muara Takus tepatnya di Desa Binamang Kecamatan XIII Koto, Kampar. Jalan yang ambrol sepanjang 20 meter dengan kedalaman satu meter terjadi pada saat hujan deras sekitar pukul 04.00 WIB pagi, Senin.

Ambrolnya jalan ini memutus akses jalan ke Desa Pongkai, Koto Tuo, Koto Tuo Barat, Muara Takus, Gunung Bungsu dan enam Desa di Koto Kampar Hulu.

"Penanganan sementara penimbunan dengan material pasir dan batu serta pengerahan alat ekskavator," ujar Dadang.

Dadang menambahkan pihaknya berupaya menyelesaikan penimbunan dalam hari ini agar bisa langsung dilalui masyarakat kembali. Saat ini jalan ruas tersebut sudah bisa dilalui kendaraan roda empat.(rls)