Reses Roem Diani Dewi Di Sukajadi

Nurazizah Berhenti Sekolah Akibat Maraknya Pungli

  • by Redaksi
  • Ahad, 12 November 2017 - 22:07:03 WIB

 

 

Pekanbaru, SeRiau- Yulhaida, warga Jalan Gajus RW 3, Kelurahan Kedung Sari, Sukajadi, menceritakan buruknya sistem Pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru.

Hal itu dia ceritakan melalui reses Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi, di Jalan Dahlia Komplek Pemda Kelurahan Kedung Sari Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, Minggu (12/11/17). 

Wali murid yang ada di SMP 3 Kota Pekanbaru itu mengatakan adanya Pungutan Liar (Pungli) yang ada di sekolah tempat anaknya menimba ilmu pendidikan.

Pungli tersebut beragam. Mulai dari pengadaan buku hingga seragam sekolah yang nilainya jutaan rupiah. Ironisnya, kasus pungli ini tak kunjung selesai setiap tahun ajaran baru. 

Bahkan katanya, kasus itu pernah disampaikan melalui Komisi III DPRD Kota Pekanbaru dan Ombudsman. Namun, lagi-lagi kasus ini tidak mendapat perhatian serius dan tidak tuntas.

"Sekolah setiap tahun jual baju dan buku. Walaupun tidak wajib, kalau tak beli ada tekanan dari sekolah. Orang tua banyak merasa takut ketika melaporkan. Sudah ada anak yang berhenti di sekolah gara-gara pungli ini," ungkap Yulhaida.

Disebutkannya, anak yang berhenti gara-gara kasus Pungli di sekolah itu bernama Nurazizah. Melalui orang tuanya, Yulhaida mendapat cerita itu dari orang tua Nurazizah.

"Karena ditagih biaya baju sekolah terus sama gurunya, Nurazizah ini malu kesekolah dan seminggu berturut turut tak masuk sekolah dan dipanggil orang tuanya," ucap Yulhaida.

Dari pemanggilan orang tua kesekolah itulah diketahui ternyata Nurazizah tak mau masuk sekolah lagi karena malu selalu ditagih gurunya uang baju sekolah. Akhirnya, Nurazizah pindah sekolah.

"Bahkan sudah ditemui kepsek nya,  tapi sekolah tidak memberi dispensasi hingga akhirnya anak itu putus dari sekolah," jelasnya.

Menanggapi Hal ini Anggota DPRD Roem Diani Dewi SE MM  mengatakan bahwa apa yg disampaikan oleh Yulhaida tadi merupakan bidang komisi III namun dirinya akan tetap memperjuangkan dan menyampaikan hal ini dalam pokok - pokok pikiran yang akan disampaikan dalam rapat paripurna  nanti dan kebetulan ketua komisi III saat ini satu fraksi dengan dirinya" ini merupakan bidang komisi III bidang pendidikan namun nantinya akan menjadi pokok- pokok pikiran dirinya dan akan disampaikan dalam rapat paripurna dan kebetulan ketua komisi III saat ini satu fraksi dengan dirinya akan mudah menyampaikan aspirasi yang disampaikan tadi" tegasnya.( Can)